Reviu Informasi Strategis Energi dan Mineral Harian, 7 Desember 2022

I. Sektor Minyak dan Gas Bumi

Kebijakan Pemerintah Dinilai Bantu Capai Target Investasi Hulu Migas, Investasi di Indonesia pada sektor hulu migas dalam dua tahun terakhir mengalami lonjakan besar. Pada tahun 2021, nilai investasi di hulu migas menurut catatan SKK Migas sebesar US$ 10,8 miliar, sementara tahun 2022 investasi diproyeksikan mencapai US$ 13,2 miliar atau naik lebih dari 20%. Bila dilihat dari melonjaknya harga minyak dan gas (migas) dunia dalam dua tahun terakhir yang tidak serta merta menaikkan investasi di sektor hulu migas. Berdasarkan hasil riset Rystad Juli 2022, tahun ini nilai investasi migas global diperkirakan hanya tumbuh 5% dibandingkan tahun 2021. Riset tersebut juga mengungkapkan sebagian besar investor migas global menggunakan hasil keuntungan dari lonjakan harga migas selama dua tahun terakhir untuk melunasi pinjaman dan membayarkan dividen kepada pemegang saham.

Total pelunasan pinjaman perusahaan-perusahaan migas global sampai Juli 2022 mencapai US$ 64 miliar. Adapun alokasi dana yang digunakan untuk membayarkan dividen sebesar US$ 54 miliar. Di Indonesia sejumlah international oil company seperti Petronas Carigali telah memenangkan lelang atas wilayah kerja (WK) migas North Ketapang, tahun ini. Sementara British Petroleum (BP) menjadi pemenang lelang atas WK Agung I dan Agung II. Petronas Carigali tahun lalu berhasil menemukan hidrokarbon berupa minyak dengan lajur alir awal sekitar 2.100 barel minyak per hari (bph) di WK North Madura II.

Melihat hal tersebut, pengamat Ekonomi Energi Universitas Indonesia Berly Martawardaya menyatakan sebagian besar cadangan migas yang proven dan unexploited, baik onshore maupun offshore di Indonesia berada di kawasan timur. Ini memerlukan biaya penggalian dan operasi tinggi, sehingga kepastian hukum untuk investasi migas sangat penting. Menurut dia, revisi undang-undang migas merupakan salah satu langkah strategis yang mendesak dilakukan di luar upaya proaktif pemerintah untuk menggaet investor. Investasi migas masuk dalam kategori jangka panjang dengan tenor rata-rata lebih dari 20 tahun, sehingga hasil yang diperoleh tidak bisa dinikmati secara cepat.

Melihat minat investor yang semakin meningkat seiring tersedianya pilihan blok dengan kualitas baik serta didukung ekosistem investasi, kebijakan fiskal dan iklim investasi sangat penting.Pasalnya, investasi di sektor migas merupakan investasi jangka panjang, sehingga kepastian hukum (contract sanctity) menjadi keharusan. Investasi migas merupakan penggerak ekonomi Indonesia selama ini. Kalau kita mau ada pertumbuhan ekonomi yang baik, tentu saja sektor energi adalah sektor utama yang perlu diperbaiki. Adapun kebijakan proaktif pemerintah di sektor hulu migas saat ini di antaranya percepatan proses perizinan investasi. Dari target waktu penyelesaian maksimal 3 hari, pada Oktober 2022 rata-rata waktu penyelesaian perizinan di sektor hulu migas hanya 1,03 hari. Ditambah lagi cepatnya proses izin yang diharapkan memberikan keuntungan kepada kontraktor dan memberikan kepastian terhadap kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas. Selain kontraktor migas global, sejumlah perusahaan migas nasional juga menunjukkan upayanya untuk terus mendorong kenaikan cadangan dan produksi migas di dalam negeri.

II. Sektor EBTKE Dan Ketenagalistrik

IEA: Kapasitas Energi Terbarukan Global Naik 2 Kali Lipat Hingga 2027, IEA: Kapasitas energi terbarukan global diperkirakan akan meningkat hampir dua kali lipat dalam lima tahun ke depan saat krisis energi yang sedang berlangsung mendorong percepatan tajam instalasi-instalasi proyek energi terbarukan, demikian disampaikan oleh Badan Energi Internasional (IEA).

Kapasitas energi terbarukan global diperkirakan akan tmbuh sebesar 2.400 GW selama periode 2022-2027, yang akan memungkinkannya mengambil alih posisi batubara sebagai sumber pembengkit listrik terbesar pada awal 2025 dalam Laporan Renewables 2022. Energi terbarukan dipersiapkan untuk menyumbang lebih dari 90 persen ekspansi listrik global dalam lima tahun ke depan dan akan membantu menjaga kemungkinan pembatasan pemanasan global hingga 1,5 derajat Celsius. Menurut IEA energi terbarukan sudah berkembang dengan pesat, tetapi krisi energi global mendorong energi terbarukan ke fase baru yang luar biasa dengan pertumbuhan lebih cepat di saat negara-negara berupaya mengapitilasi manfaat keamanan energi. Dunia akan menambahkan sebanyak mungkin energi terbarukan dalam lima tahun kedepan seperti yang terjadi dalam 20 tahun sebelumnya.

Menurut laporan tersebt, jumlah kapasitas energi terbarukan yang ditambahkan di Eropa pada periode 2022-2027 diperkirakan dua kali lebih tinggi dibandingkan periode lima tahun sebelumnya, disorong oleh kombinasi masalah keamanan energi dan ambisi iklim.kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan kapasitas energi terbarukan berasal dari Cina. Negara tersebut diperkirakan akan menyumbang hampir separuh dari penambahan kapasitas energi terbarukan global selama periode 2022-2027.

III. Sektor Geologi, Mineral , Batubara dan Umum

MIND ID (Mining Industry Indonesia) Diharapkan Menyerap Pasokan Listrik PLN untuk Operasional Smelter di Gresik. Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR-RI pada Kamis (24/11), Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso meminta pemerintah untuk memberikan dukungan insentif harga murah pada suplai gas bumi ke pabrik pengolahan dan pemurnian mineral tembaga milik PT Freeport Indonesia yang ada di Gresik, Jawa Timur. Menurutnya pemberian insentif tersebut dibutuhkan dalam rangka pembangkitan dan sumber energi yang dibutuhkan dalam proyek smelter berkapasitas 2 juta metrik ton konsentrat per tahun.

MIND ID menginginkan agar smelter tembaga di Gresik bisa mendapatkan alokasi Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) senilai USD 6 per MMBTU dan stimulasi harga listrik murah senilai 3 – 4 cent per KwH seperti insentif yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada industri keramik dan lainnya. Smelter tersebut ditargetkan beroperasi komersial pada kuartal ke-empat 2024 dan saat ini menunjukkan kemajuan pekerjaan konstruksi 45,5% sampai Oktober 2022.

Menanggapi hal tersebut, Menteri ESDM Arifin Tasrif menolak permintaan MIND ID dan menyarankan agar MIND ID menyerap pasokan listrik dari PLN karena tarif yang berlaku ialah harga industri. Ini juga akan membantu PLN agar kelebihan pasokan listrik PLN terserap dengan optimal.

KESDM sangat selektif dalam penyaluran gas murah USD 6 per MMBTU sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Gas Bumi. Menurut Perpres tersebut hanya ada tujuh industri yang bisa mendapatkan HGBT yakni industri pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca dan sarung tangan karet.